Teman Kantor Iri dengan Kesuksesanmu? Begini Cara Elegan Menghadapinya Tanpa Drama!
- Freepik
Lifestyle –Sebagian besar profesional menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja. Karena itu, lingkungan kerja sangat penting, kebiasaan sehari-hari, cara kita menghadapi stres, dan hubungan interpersonal dapat memengaruhi kesehatan mental maupun fisik kita. Tempat kerja memang bisa jadi sumber inspirasi, tapi juga membawa tantangan, salah satunya adalah menghadapi rekan kerja yang merasa iri.
Rasa iri di kantor merupakan hal umum yang sering dialami banyak orang. Biasanya muncul ketika seseorang merasa terancam oleh kesuksesan atau pengakuan yang kita dapatkan. Psikologi menjelaskan bahwa rasa iri yang tidak dikelola bisa berkembang menjadi gosip, sikap pasif-agresif, bahkan upaya untuk menjatuhkan pekerjaan kita.
Kita memang tidak bisa mengendalikan perasaan orang lain, tapi kita bisa belajar mengelola respons dan menjaga ketenangan diri. Berikut beberapa tips efektif menurut psikologi untuk menghadapi rekan kerja yang iri seperti dilansir dari laman Times of India, Senin 29 September 2025.
1. Tetap Profesional dan Tenang
Kita sebaiknya tetap fokus menjalankan tugas tanpa terpengaruh oleh energi negatif dari rekan kerja yang iri. Mereka mungkin berusaha memancing reaksi emosional, tapi cara terbaik adalah tetap profesional dan tenang.
Psikologi menekankan bahwa sikap tenang mampu melumpuhkan niat buruk orang lain. Selain itu, konsistensi dalam bersikap profesional menunjukkan pada orang lain termasuk atasan, bahwa kita berfokus pada pekerjaan, bukan drama. Hal ini akan melindungi reputasi dan mencegah konflik yang tidak perlu.