Perilaku Belanja Generasi Muda Kini Makin Selektif, Terutama Buat Produk Kecantikan
- Freepik
Lifestyle – Perilaku belanja generasi muda kini semakin selektif, terutama dalam memilih produk kecantikan dan perawatan diri.
Berdasarkan data pengguna aplikasi SOCO, mayoritas konsumen saat ini didominasi oleh Gen Z (54%) dan Milenial (46%). Kedua generasi ini dikenal lebih sadar terhadap kebutuhan diri, selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan karakteristik personal mereka, dan cenderung mengandalkan ulasan serta pengalaman komunitas sebelum membuat keputusan pembelian.
Gen Z tumbuh dalam ekosistem digital yang cepat dan penuh informasi. Mereka lebih terbiasa melakukan riset mandiri dan mengandalkan review online sebelum membeli produk kecantikan. Sementara itu, Milenial lebih fokus pada efektivitas produk, transparansi brand, serta keberlanjutan. Keduanya sama-sama mendorong industri kecantikan untuk menghadirkan pendekatan yang lebih personal, kredibel, dan interaktif.
Menjawab perubahan perilaku ini, aplikasi SOCO hadir sebagai superapp dengan fitur-fitur personalisasi, ulasan produk terpercaya, hingga platform komunitas. Aplikasi ini mengintegrasikan kebutuhan belanja, eksplorasi produk, dan interaksi antar pengguna dalam satu wadah yang seamless.
Ghea Yantra, SVP Marketing Operations Social Bella, mengatakan, adanya integrasi antara commerce, review tepercaya dan komunitas di SOCO app dapat membantu mereka untuk dapat enjoy their life to the fullest.
"Hanya dengan satu aplikasi, untuk semua kebutuhan mulai dari baca review dan konten mengenai brand dan produk yang diinginkan, kemudahan untuk membeli produk kapan saja dan di mana saja, hingga bertemu bahkan bergabung dengan komunitas yang saling mendukung dan menginspirasi,” ujar Ghea dalam keterangannya, dikutip Rabu 30 Juli 2025.
Salah satu fitur unggulan SOCO adalah Personalized Beauty Profile, yang menyajikan pengalaman kecantikan berdasarkan minat, profil, dan preferensi masing-masing pengguna. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menerima rekomendasi produk yang relevan, membaca profil pengguna lain dengan concern serupa, serta mengakses riwayat kebiasaan belanja mereka.