Perilaku Belanja Generasi Muda Kini Makin Selektif, Terutama Buat Produk Kecantikan
- Freepik
Lifestyle – Perilaku belanja generasi muda kini semakin selektif, terutama dalam memilih produk kecantikan dan perawatan diri.
Berdasarkan data pengguna aplikasi SOCO, mayoritas konsumen saat ini didominasi oleh Gen Z (54%) dan Milenial (46%). Kedua generasi ini dikenal lebih sadar terhadap kebutuhan diri, selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan karakteristik personal mereka, dan cenderung mengandalkan ulasan serta pengalaman komunitas sebelum membuat keputusan pembelian.
Gen Z tumbuh dalam ekosistem digital yang cepat dan penuh informasi. Mereka lebih terbiasa melakukan riset mandiri dan mengandalkan review online sebelum membeli produk kecantikan. Sementara itu, Milenial lebih fokus pada efektivitas produk, transparansi brand, serta keberlanjutan. Keduanya sama-sama mendorong industri kecantikan untuk menghadirkan pendekatan yang lebih personal, kredibel, dan interaktif.
Menjawab perubahan perilaku ini, aplikasi SOCO hadir sebagai superapp dengan fitur-fitur personalisasi, ulasan produk terpercaya, hingga platform komunitas. Aplikasi ini mengintegrasikan kebutuhan belanja, eksplorasi produk, dan interaksi antar pengguna dalam satu wadah yang seamless.
Ghea Yantra, SVP Marketing Operations Social Bella, mengatakan, adanya integrasi antara commerce, review tepercaya dan komunitas di SOCO app dapat membantu mereka untuk dapat enjoy their life to the fullest.
"Hanya dengan satu aplikasi, untuk semua kebutuhan mulai dari baca review dan konten mengenai brand dan produk yang diinginkan, kemudahan untuk membeli produk kapan saja dan di mana saja, hingga bertemu bahkan bergabung dengan komunitas yang saling mendukung dan menginspirasi,” ujar Ghea dalam keterangannya, dikutip Rabu 30 Juli 2025.
Salah satu fitur unggulan SOCO adalah Personalized Beauty Profile, yang menyajikan pengalaman kecantikan berdasarkan minat, profil, dan preferensi masing-masing pengguna. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menerima rekomendasi produk yang relevan, membaca profil pengguna lain dengan concern serupa, serta mengakses riwayat kebiasaan belanja mereka.
Ada pula fitur Scan, yang memungkinkan pengguna memindai barcode produk dari berbagai merek dan langsung mengakses informasi detail melalui aplikasi SOCO, di mana pun mereka berbelanja.
Fitur SOCO Review menjadi kekuatan utama aplikasi ini, yang hingga kini telah mengumpulkan lebih dari 3,5 juta ulasan dari pengguna, beauty enthusiast, hingga para ahli seperti Make-Up Artist, Dermatologist, dan Hair Stylist. Informasi ini membantu pengguna dalam membuat keputusan yang lebih cerdas sebelum membeli.
Tak hanya sampai di situ, ada juga SOCO Network, platform komunitas untuk reviewer, beauty enthusiast, hingga konten kreator dari berbagai latar belakang. SOCO Network kini telah berkembang mencakup minat lain seperti fashion, foodies, sport & wellness, hingga K-Culture, menjadikannya ruang kolaboratif yang inklusif.
“Melalui SOCO Network, kami membangun ruang inklusif dari berbagai latar belakang untuk saling terhubung dan tumbuh bersama. Berawal dari dunia kecantikan, kini kami merambah ke minat lainnya seperti fashion, foodies, sport & wellness, hingga K-Culture, seiring dengan tren yang terus berkembang," ujar Ghea.
"Hal ini menjadikan SOCO Network sebagai komunitas yang senantiasa mendukung para anggotanya untuk menambah keahlian dan pengetahuan, sekaligus memperluas portofolio karier mereka sebagai content creator. Kami dengan bangga mengumumkan hingga hari ini, SOCO Network yang tadinya bernama SOCO Beauty Network telah menjadi rumah bagi 5.000 anggota aktif di seluruh Indonesia, yang saling berbagi dan menginspirasi melalui cerita dan kontribusi mereka," imbuhnya.