Kebiasaan Ngemil Orang Indonesia Terus Meningkat, BPOM Ingatkan Cerdas Pilih Produk Pangan
- Mondelez
Lifestyle – Di tengah gaya hidup masyarakat yang semakin modern dan serba cepat, banyak orang yang tidak sempat untuk makan-makanan berat. Alhasil, tak sedikit yang mengakalinya dengan mencari camilan sebagai pengganjal lapar.
Hal tersebut terbukti dari temuan State of Snacking 2024, yang dilakukan Mondelez Indonesia. Temuan ini mengungkap bahwa kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia terus meningkat melebihi makanan utama. Tercatat, konsumsi rata-rata camilan mencapai 3 kali per hari, sementara makanan utama hanya 2 kali per hari.
Bahkan, camilan kini telah menjadi salah satu sumber kebahagiaan harian masyarakat Indonesia, di mana 93 persen responden setuju bahwa ngemil adalah cara memanjakan diri setelah hari yang produktif.
Marfusita Hamburgiwati selaku Head of Corporate & Government Affairs Mondelez Indonesia menjelaskan, peningkatan kebiasaan ngemil perlu diimbangi dengan edukasi yang tepat. Terlebih, ngemil telah menjadi bagian tak terpisahkan dan konsumsinya pun terus meningkat di masyarakat global, termasuk Indonesia.
Menurut Fusi, sapaan akrabnya, penerapan #NgemilBijak dapat dilakukan dengan 3 langkah sederhana yaitu dimulai dengan mengenali isyarat tubuh yang membuat Anda ingin ngemil (menanyakan alasan mengapa ingin ngemil, jenis camilan apa yang Anda inginkan dan bagaimana cara Anda menikmati camilan tersebut).
“Kedua memerhatikan porsi camilan dan waktu ngemil dengan cara melihat porsi takaran saji pada kemasan, hingga memaksimalkan semua indera Anda selama ngemil, mulai dari memerhatikan bentuk, mencium aroma, menikmati rasa, hingga sensasi suara saat menggigit atau mengunyah camilan,” tambah Fusi di acara Wellness Festival 2025, mengutip keterangannya, Jumat 8 Agustus 2025.
Terkait panduan mengenai cara mengonsumsi camilan dengan benar, Fusi mengatakan, panduan #NgemilBijak juga disematkan pada setiap kemasan produk Mondelez, guna memudahkan setiap orang dalam menerapkan kebiasaan ngemil yang lebih bijak.
“Panduan #NgemilBijak pada kemasan produk Mondelez Indonesia hadir dalam dua bagian ilustrasi yang mudah dipahami, yaitu tabel Guideline Daily Amount (GDA) yang berisi informasi nilai gizi dan kalori dan gambar/ilustrasi untuk konsumsi sesuai takaran saji,” jelasnya.
Kepala BPOM RI, Prof. Taruna Ikrar, yang secara resmi membuka acara Wellness Festival 2025, mengatakan bahwa Well Fest merupakan gerakan nasional untuk mengedukasi masyarakat agar cerdas dalam memilih produk pangan, kesehatan, dan kecantikan yang aman, bermutu, dan berbasis ilmiah.
“Seluruh produk yang ditampilkan telah melalui pengawasan penuh (full spectrum) dari BPOM, menjadikan festival ini sebagai platform penting untuk meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat dan kesejahteraan holistik, baik secara fisik, mental, maupun emosional,” ujarnya.