Mengenal Fenomena Rojali alias Rombongan Jarang Beli yang Marak di Mal dan Kafe, Pertanda Apa?

Ilustrasi fenomena Rojali di mall
Sumber :
  • Freepik

Lifestyle – Dalam beberapa waktu terakhir, istilah “Rojali” sering berseliweran di media sosial, terutama TikTok, Instagram, dan Twitter. Meski terdengar lucu, istilah ini menggambarkan fenomena sosial yang cukup meresahkan, terutama bagi para pelaku usaha kuliner.

Apa Itu Rat Race yang Disebut Robert Kiyosaki? Pola Hidup Ini Diam-diam Bikin Anda Tetap Miskin

Istilah Rojali merupakan singkatan dari “Rombongan Jarang Beli”. Mereka datang ke tempat makan atau minum dalam jumlah besar, tapi hanya satu atau dua orang yang membeli, sementara sisanya hanya duduk, ngobrol, atau menikmati fasilitas seperti WiFi dan AC tanpa melakukan transaksi.

Fenomena ini tak hanya ramai dibahas secara online, tapi juga mulai menjadi tantangan nyata di lapangan. Berikut penjelasan lengkap tentang apa itu fenomena Rojali, bagaimana asal-usulnya, dan apa saja dampaknya.

Robert Kiyosaki Beberkan Cara Berpikir Orang Kaya yang Jarang Diketahui, Tiru Biar Ikutan Tajir!

1. Apa Itu Fenomena Rojali?

Rojali adalah sebutan untuk rombongan orang, biasanya anak muda seperti pelajar atau mahasiswa, yang datang ke tempat usaha seperti kafe, warung kopi, atau restoran, tapi jarang membeli. Bahkan ada yang datang tanpa membeli apa pun, hanya menumpang duduk dan menikmati fasilitas.

AI Gantikan Banyak Pekerjaan, Tapi 7 Skill Ini Bikin Anda Tetap Relavan di Masa Kini dan Nanti

Misalnya, dari lima orang yang datang, hanya satu yang pesan es teh, sementara sisanya membawa makanan dari luar atau hanya duduk-duduk sambil main ponsel.

2. Asal Mula Istilah Rojali

Halaman Selanjutnya
img_title