5 Peran Strategis Korporasi dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM
- Freepik
Lifestyle – UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) masih menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun, untuk bisa bersaing di pasar nasional bahkan global, pelaku UMKM membutuhkan dukungan konkret dari berbagai pihak, termasuk korporasi besar.
Korporasi memiliki posisi strategis untuk menjembatani akses pelaku UMKM terhadap pelatihan, informasi, dan jejaring pasar. Peran aktif korporasi dalam mendukung UMKM bukan hanya bentuk tanggung jawab sosial, tetapi juga investasi jangka panjang untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat, berkelanjutan, dan inklusif.
Berikut lima peran penting korporasi dalam mendorong daya saing UMKM. Scroll untul informasi lengkapnya, ya.
1. Menjadi Fasilitator Pengembangan Pelaku Usaha
Korporasi memiliki peran strategis sebagai fasilitator yang menjembatani pelaku UMKM dalam mengembangkan sumber daya sehingga menghasilkan cuan secara optimal. Hal ini selaras dengan pendapat Manager CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Dewi Sri Utami, yang menyampaikan bahwa Pertamina sebagai korporasi akan terus berperan sebagai fasilitator bagi UMK binaannya.
"Pertamina menyediakan wadah dan peluang. Namun, keberhasilan tetap bergantung pada peserta untuk memilih jalur usaha yang sesuai passion dan kekuatan masing-masing. Kami akan terus mendukung di setiap langkah mereka,” ungkap Dewi dalam keterangan resminya, Rabu, 16 Juli 2025.