7 Strategi Jitu UMKM Go Internasional, Nomor 5 Jarang Dilakukan

Ilustrasi UMKM Go Internasional
Sumber :
  • Dok. Pertamina

Lifestyle – Ekspansi pasar global kini bukan lagi mimpi bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Sejumlah strategi telah diterapkan agar produk lokal bisa menembus pasar internasional.

Unlock Your Financial Success: 6 Tips Hemat dari Pemimpin Bisnis Dunia

UMKM go internasional bukanlah sebuah impian belaka. Setidaknya enam mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) berhasil menggepakkkan sayap ke panggung global untuk memperkenalkan produk unggulan mereka.

Berkaca dari kesuksesan tersebut, berikut adalah 7 strategi jitu untuk mendorong usaha melangkah ke pasar luar negeri. Scroll untuk informasi lengkapnya.

1. Mengikuti Pameran Dagang Internasional

6 Langkah Jenius Wujudkan Financial Freedom yang Disarankan Pakar Keuangan, Nomor 4 Sering Salah Kaprah

Keterlibatan dalam pameran berskala besar memberi peluang besar bagi UMKM untuk memperkenalkan produk ke pasar luar negeri. Di pameran ini, UMKM bisa berinteraksi langsung dengan buyer dan memahami preferensi konsumen global.

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Muslim Dharmawan menyampaikan keenam UMKM binaan diikutsertakan dalam Korea Import Fair (KIF) pada tahun 2025 merupakan bagian strategis dari program Go Global Pertamina UMK Academy guna mendorong UMKM binaan menembus pasar global.

5 Keputusan Penting Robert Kiyosaki Membangun Kekayaan, Buktikan Bisa Kaya dari Nol

“Partisipasi dalam KIF merupakan sebuah kesempatan untuk memperluas pasar dan melakukan kolaborasi global, tetapi juga merupakan sebuah ajang pembelajaran” jelas Muslim dalam keterangan resminya yang dikutip pada Selasa, 11 Juli 2025.

Halaman Selanjutnya
img_title