7 Strategi Jitu UMKM Go Internasional, Nomor 5 Jarang Dilakukan
- Dok. Pertamina
Lifestyle – Ekspansi pasar global kini bukan lagi mimpi bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Sejumlah strategi telah diterapkan agar produk lokal bisa menembus pasar internasional.
UMKM go internasional bukanlah sebuah impian belaka. Setidaknya enam mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) berhasil menggepakkkan sayap ke panggung global untuk memperkenalkan produk unggulan mereka.
Berkaca dari kesuksesan tersebut, berikut adalah 7 strategi jitu untuk mendorong usaha melangkah ke pasar luar negeri. Scroll untuk informasi lengkapnya.
1. Mengikuti Pameran Dagang Internasional
Keterlibatan dalam pameran berskala besar memberi peluang besar bagi UMKM untuk memperkenalkan produk ke pasar luar negeri. Di pameran ini, UMKM bisa berinteraksi langsung dengan buyer dan memahami preferensi konsumen global.
Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Muslim Dharmawan menyampaikan keenam UMKM binaan diikutsertakan dalam Korea Import Fair (KIF) pada tahun 2025 merupakan bagian strategis dari program Go Global Pertamina UMK Academy guna mendorong UMKM binaan menembus pasar global.
“Partisipasi dalam KIF merupakan sebuah kesempatan untuk memperluas pasar dan melakukan kolaborasi global, tetapi juga merupakan sebuah ajang pembelajaran” jelas Muslim dalam keterangan resminya yang dikutip pada Selasa, 11 Juli 2025.