5 Alasan Kenapa Logo Centang Hijau di Kemasan Makanan Jadi Penanda Gaya Hidup Sehat
- ChatGPT
Lifestyle –Kesehatan bukan lagi sekadar tren, melainkan kebutuhan yang harus jadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara sederhana untuk memulai gaya hidup sehat adalah dengan menjadi konsumen cerdas—terutama dalam memilih makanan olahan yang aman dan bergizi.
Kini, masyarakat Indonesia makin dimudahkan dengan hadirnya logo centang hijau pada kemasan produk makanan. Logo ini menandakan bahwa produk tersebut telah memenuhi kriteria Profil Gizi yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berdasarkan Peraturan BPOM Nomor 26 Tahun 2021. Tapi, mengapa tanda ini begitu penting?
Berikut 5 alasan kenapa logo centang hijau layak kamu cari saat berbelanja terutama membeli makanan.
1. Membantu Konsumen Memilih Makanan Lebih Sehat
Logo centang hijau menandakan bahwa produk tersebut telah lolos kriteria sehat, khususnya dalam hal kandungan gula, garam, dan lemak. Ini penting karena kandungan GGL berlebih menjadi penyebab utama penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi.
2. Bentuk Transparansi dari Produsen
Adanya logo ini menunjukkan bahwa produsen secara terbuka mendukung konsumen yang ingin hidup lebih sehat. Artinya, mereka tidak hanya fokus menjual produk, tetapi juga berkomitmen terhadap kesehatan masyarakat.
3. Dorongan untuk Reformulasi Produk yang Lebih Baik
Banyak produsen makanan besar, termasuk Indofood, telah melakukan reformulasi pada berbagai produknya demi memenuhi standar gizi. Hal ini menjadi bukti bahwa industri makanan pun beradaptasi dengan tuntutan konsumen yang semakin sadar kesehatan.
4. Mudah Dikenali dan Diakses Siapa Saja
Tak semua orang sempat membaca tabel nutrisi. Dengan adanya logo centang hijau, konsumen—termasuk orang tua dan anak-anak—dapat lebih mudah mengenali produk yang lebih aman dan sehat tanpa harus pusing memahami informasi gizi teknis.
5. Sudah Diterapkan pada Berbagai Produk Konsumen Populer
Logo centang hijau kini bisa ditemukan di lebih dari 45 SKU produk Indofood. Beberapa di antaranya adalah susu UHT Indomilk, susu bubuk Indomilk, minuman teh Tekita, Indofood Ice Cream, dan Indomilk Kids Yogurt—produk yogurt anak pertama di Indonesia. Selain itu, inovasi juga dilakukan melalui peluncuran Qtela Tempe Orek yang tinggi serat, sumber protein, dan bebas gluten.
“Wellfest 2025 menjadi kesempatan yang baik bagi kami untuk ikut aktif mempromosikan gaya hidup sehat termasuk memilih produk yang tepat. Sebagai perusahaan Total Food Solutions, Indofood selalu mengutamakan keamanan pangan, mutu, dan gizi dalam setiap produk yang kami hadirkan kepada konsumen. Kami juga mendukung program pemerintah dengan melakukan inovasi dan reformulasi produk guna mengurangi kandungan gula, garam, dan lemak (GGL), serta mendukung upaya fortifikasi pangan melalui penambahan vitamin dan mineral di beberapa produk kami,” ujar Stefanus Indrayana, Head of Corporate Communications Indofood.