2 Distributor Lokal Sukses Buktikan Jangkauan Pengiriman Barang Berkat Strategi Ini
- Freepik
Lifestyle – Indonesia tengah memasuki babak baru ekonomi digital dengan potensi mencapai US$360 miliar pada tahun 2030. Namun, pertumbuhan pesat ini masih menghadapi tantangan serius, terutama terkait disparitas akses.
Selama ini, distribusi produk hanya terpusat di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang membuat biaya logistik lebih tinggi bagi konsumen di luar kota serta waktu pengiriman yang lebih lama. Kondisi ini menghambat inklusi e-commerce di berbagai wilayah sehingga belum tergarap secara maksimal.
Di tengah tantangan tersebut, dua pelaku distributor lokal berhasil membuka jalan dan bertumbuh pesat di ekositem digial. Mereka adalah DC Medika (distributor produk kesehatan konsumen) dan PT Barra Sehat Sentosa (distributor produk pribadi dan keperluan keluarga).
Pemilik DC Medika, Dzaki Fikri, menuturkan bisnis mengalami lonjakan volume pesanan bulanan hingga 650% sejak Juli 2024. Peningkatan serupa juga dialami oleh PT Barra Sehat Sentosa yang mencatatkan rata-rata peningkatan penjualan bulanan.
Kisah Distributor Lokal Sukses Perluas Jangkauan Logistik
- Freepik
Keberhasilan DC Medika dan PT Barra Sehat Sentosa berkat penerapan strategi Multi-Origin Go-To-Market (MOGTM) yang digagas oleh Sirclo. MOGTM merupakan strategi yang menghubungkan brand dengan distributor lokal guna memperluas jangkauan pasar secara lebih efisien sekaligus mendekatkan produk ke konsumen di berbagai wilayah.
“Ekonomi digital Indonesia akan tumbuh berkelanjutan bila solusi yang dihadirkan sesuai dengan realitas negara kepulauan. Melalui MOGTM, SIRCLO menggandeng distributor lokal di luar Jabodetabek untuk mempercepat distribusi, membuka peluang baru di ekosistem online, sekaligus menjadi motor pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Chief Operating Officer, SIRCLO, Danang Cahyono, dalam keterangannya dikutip pada Rabu, 17 September 2025.