5 Cara Atur Uang agar Gaji Gak Habis di Tengah Bulan

Ilustrasi mengelola gaji
Sumber :
  • Freepik

Lifestyle – Banyak orang merasa lega setiap kali tanggal gajian tiba, namun rasa lega itu sering kali tak bertahan lama. Di minggu kedua atau ketiga, rekening sudah mulai menipis, bahkan kosong. Masalah ini bukan hanya dialami oleh mereka yang berpenghasilan rendah, tetapi juga oleh mereka yang tergolong kelas menengah. 

Kisah Frugal Living di Jepang, Dari Hidup Super Irit Jadi Kaya Raya, Yuk Tiru dengan Cara Ini!

Kenapa? Karena masalahnya bukan hanya soal jumlah gaji, tapi bagaimana cara mengaturnya.

Ketika pengeluaran tidak direncanakan dengan baik, gaji sebesar apa pun bisa terasa tidak cukup. Banyak orang tidak menyadari bahwa pola konsumsi yang tidak terkontrol, minimnya pencatatan, dan keputusan keuangan impulsif adalah penyebab utama gaji cepat habis. 

Gen Z Ramai-ramai Tolak AI, Kenapa?

Jika Anda mengalami hal ini, saatnya mengevaluasi kebiasaan finansial dan menerapkan strategi pengelolaan uang yang lebih efektif.

5 Cara Atur Uang agar Gaji Tidak Habis di Tengah Bulan

Waspada Crab Mentality di Kantor, Diam-diam Bisa Hancurkan Karier Anda!

1. Buat Anggaran Bulanan yang Realistis dan Rinci

Langkah pertama untuk menghindari krisis keuangan di pertengahan bulan adalah membuat anggaran. Catat semua pemasukan dan pengeluaran rutin Anda. Bagi pos pengeluaran menjadi beberapa kategori: kebutuhan pokok (makan, transportasi, tagihan), kewajiban (cicilan, iuran), tabungan, dan hiburan.

Halaman Selanjutnya
img_title