Terungkap! 6 Alasan Pentingnya Perusahaan Mengadakan Program Loyalitas untuk Karyawan dan Konsumen

Ilustrasi Program Loyalitas Perusahaan sebagai Strategi Bisnis
Sumber :
  • Freepik

LifestylePersaingan bisnis yang semaki ketat menutut perusahaan untuk menghadirkan produk atau layanan berkualitas seraya membangun hubungan jangka panjang dengan para pemangku kepentingannya. Salah satu cara efektif yang terbukti ampuh adalah melalui program loyalitas, baik untuk konsumen maupun karyawan

5 Cara Cerdas Memanfaatkan BNPL untuk Modal Usaha, Bukan untuk Beli Barang!

Program loyalitas tidak lagi dianggap hanya sebagai bonus tambahan, melainkan menjadi strategi bisnis berkelanjutan yang mampu mendongkrak pertumbuhan perusahaan dari dalam dan luar. Perusahaan yang mampu menjaga loyalitas dua sisi ini memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan.

Dalam konteks konsumen, program loyalitas membantu menciptakan hubungan emosional antara merek dan pelanggan. Sementara bagi karyawan, insentif atau bentuk penghargaan atas kinerja menjadi penyemangat untuk terus berkembang bersama perusahaan.

1. Meningkatkan Retensi Konsumen dan Karyawan

Lulusan Kuliah dengan Pengalaman Global Lebih Dilirik Perusahaan Multinasional, Begini Cara Dapetinnya!

Program loyalitas dirancang untuk menjaga keterikatan jangka panjang. Dalam konteks konsumen, data dari Harvard Business Review menyebutkan bahwa meningkatkan retensi pelanggan sebesar 5 persen dapat meningkatkan laba hingga 25–95 persen.

Hal serupa juga berlaku bagi karyawan. Perusahaan yang memberikan penghargaan atau insentif memiliki tingkat retensi karyawan yang lebih tinggi dan menurunkan biaya rekrutmen.

2. Mendorong Kinerja dan Produktivitas

Halaman Selanjutnya
img_title
10 Tips Jadi Pembeli Cerdas Suapaya Gak Dicap Kaum Rojali-Rohana