Kenali Masa Depan Kulitmu Lewat AI dari Sunscreen Finder hingga Skin Age Mirror
- Istimewa
Lifestyle –Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) kini semakin merambah industri kecantikan, menghadirkan inovasi yang mengubah cara kita merawat diri dan memilih produk. Teknologi ini mampu menganalisis kebutuhan kulit secara personal melalui foto atau data pengguna, lalu merekomendasikan perawatan dan kosmetik yang paling sesuai.
AI juga dimanfaatkan oleh brand kecantikan untuk mengembangkan formula produk baru, memprediksi tren makeup, hingga menciptakan pengalaman belanja virtual yang interaktif, seperti mencoba lipstik atau foundation secara digital sebelum membeli. Bahkan, AI dapat memantau perkembangan kulit dari waktu ke waktu, membantu pengguna menilai efektivitas perawatan yang mereka gunakan.
Perpaduan kecantikan dan AI bukan hanya memudahkan konsumen, tetapi juga mendorong industri untuk lebih efisien, tepat sasaran, dan inovatif. Hasilnya, perawatan kecantikan menjadi lebih personal, praktis, dan berbasis data, menjawab kebutuhan modern yang serba cepat namun tetap mengutamakan hasil optimal.
AI ini juga dimanfaatkan oleh brand kecantikan Wardah yang menghadirkan 6 (enam) teknologi AI inovatif dalam acara “SKINVERSE CLINIC 2025: Discover the Non-Invasive Skin Tech Clinic Experience” pada 18 Juli–3 Agustus 2025 di Grand Atrium, Kota Kasablanka Mall, Jakarta.
Ke-6 teknologi yang hadir dalam Wardah SKINVERSE CLINIC 2025: Discover the Non-Invasive Skin Tech Clinic Experience tersebut adalah:
- Personalized Skin ID Blueprint – Menyediakan analisis kulit yang akurat dan telah dipersonalisasi sesuai kondisi spesifik kulit.
- AI Apothecary RoboSkin – teknologi berbentuk robot yang dapat membuat serum secara personal, sesuai dengan real-time skin data.
- Wardah AI Sunscreen Finder – Memberikan rekomendasi sunscreen yang tepat berdasarkan kebutuhan dan kondisi kulit secara spesifik.
- Wardah Skin GPT & AI Ultimate Result Assessment – Simulasi konsultasi untuk memahami masalah kulit dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai.
- Skin Age Mirror – Memprediksi bagaimana kulit akan berkembang dalam 10 tahun ke depan, memberikan visual untuk mendorong kesadaran dini tentang perawatan kulit.
- Wardah Skinoura: The Sounds of Your Skin – Rangkaian pengalaman multisensori yang menggabungkan musik, emosi, dan kesehatan kulit menjadi satu rangkaian yang unik.
Deputy CEO Paragon Corp, dr. Sari Chairunnisa Wardah SKINVERSE CLINIC 2025 adalah bentuk nyata dari misi Wardah untuk mentransformasi industri kecantikan Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi AI, Skin GenomicTM, dan non-invasive treatment dalam satu halal beauty ekosistem. Kolaborasi strategis dengan dermatologist, nutrisionis, dan skin expert, digital content creators menjadi bentuk investasi holistik untuk membangun pemahaman jangka panjang terkait kesehatan kulit.
“Dengan fondasi kuat dalam kemitraan dermatologist, insight berbasis AI Tech powered, dan filosofi yang mengedepankan konsumen, Wardah membuat sebuah standar global inovasi baru dalam dunia kesehatan kulit wajah yang berbasis science, technology dan inclusivity,” kata dia dalam keterangan resminya.
Dalam acara tersebut, Wardah menerima penghargaan Rekor MURI atas Pemanfaatan Teknologi AI Terbanyak dalam Event Skincare di Indonesia melalui enam inovasi AI mutakhir tersebut. Hal ini menandai kiprah Wardah sebagai pioneer, pemimpin inovasi di industri kecantikan yang menggabungkan halal beauty, kecanggihan science dan teknologi, serta keahlian dermatologi.
Selama SKINVERSE CLINIC 2025, Wardah juga berkolaborasi dengan PERDOSKI untuk menghadirkan 46 dermatologist bersertifikat yang memberikan total 187 jam konsultasi langsung kepada publik dan menghadirkan 1.428 skin experiences, the Non-Invasive Skin Tech Clinic Treatment di treatment pods. Kontribusi para dermatologis ini adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya penggunaan skincare yang tepat & personalized sesuai kebutuhan skin concern, skin types konsumen.
Konsumen akan semakin sadar bahwa sangat penting mengetahui masalah dan kondisi kulit mereka, mulai dari lifestyle, habit dan skincare active ingredients yang mereka gunakan. Sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi tersebut, Wardah mengapresiasi para innovative dermatologist dan Skin-Tech Content Creator yang telah memanfaatkan platform digital untuk menghadirkan edukasi berbasis sains secara lebih luas, akurat, dan relevan bagi masyarakat.