Hadirkan Layanan Kelas Dunia, Kemenpar Dorong Inovasi SDM Perhotelan Berbasis AI

Ilustrasi Pekerja Menggunakan AI
Sumber :
  • blr.com

Lifestyle – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Asosiasi Manajer SDM Hotel Indonesia (AMSIH), ELSA Speak, dan Paradigm sukses menggelar Hospitality Forum 2025 di Pan Pacific Jakarta, pada 5 Juli 2025 lalu. 

7 Jurusan Kuliah yang Bikin Lulusannya Cepat Kaya di Era AI, Gajinya Bikin Ngiler!

Forum ini mempertemukan lebih dari 50 pemimpin HR dari jaringan hotel ternama di Indonesia seperti Accor, Hyatt, Hilton, Morrissey, dengan satu tujuan bersama untuk mendorong transformasi sistem pembelajaran di sektor perhotelan melalui teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menghadirkan layanan kelas dunia.

 

10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Rawan Digantikan AI, Waspadai Risiko Menganggur setelah Wisuda

Transformasi ini bukan sekadar tren, melainkan kebutuhan strategis. Berdasarkan data dari Kemenpar, Indonesia tengah memasuki fase pertumbuhan pariwisata yang signifikan, dengan target 25,75 juta tenaga kerja di sektor pariwisata pada 2025 serta peningkatan kontribusi industri ini terhadap PDB nasional hingga 4,6 persen. Namun, peningkatan kualitas layanan tidak mungkin tercapai tanpa intervensi serius dalam peningkatan kapabilitas sumber daya manusia. 

 

Weekend saatnya Liburan! Intip Rekomendasi Hotel Butik Dekat Pantai Petitenget Seminyak Bali

Masih banyak hotel di Indonesia yang belum memiliki sistem pelatihan berkelanjutan yang sesuai dengan tantangan zaman. Survei yang dilakukan terhadap peserta forum mengungkapkan bahwa 94,4 persen hotel belum pernah melaksanakan pelatihan hyper personalized berbasis AI, sementara 44,4 persen pemimpin HR menyebut variasi kemampuan bahasa Inggris antar karyawan sebagai tantangan terbesar. Ketimpangan ini menunjukkan bahwa sektor hospitality membutuhkan pendekatan baru yang lebih adaptif, terukur, dan kontekstual.

 

Halaman Selanjutnya
img_title