10 Cara Cari Kerja Pakai ChatGPT, Begini Triknya agar Cepat Dilirik HRD

Ilustrasi wawancara kerja
Sumber :
  • Freepik

Lifestyle – Di tengah persaingan dunia kerja yang semakin ketat, pencari kerja dituntut untuk tampil maksimal di setiap tahapan rekrutmen. Mulai dari menyiapkan CV yang menarik, membuat surat lamaran yang tepat sasaran, hingga menghadapi sesi wawancara kerja yang menegangkan, semuanya membutuhkan strategi yang matang. 

Banyak Profesi Manusia Digantikan AI, Siapkan 15 Skill Ini agar Tetap Relevan di Pasar Kerja

Tidak heran, banyak orang merasa kesulitan dan bingung harus mulai dari mana saat sedang cari kerja. Namun kini, teknologi hadir sebagai solusi. 

Hadirnya kecerdasan buatan seperti ChatGPT, membuat proses mencari kerja bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. ChatGPT tidak hanya membantu menyusun dokumen lamaran, tapi juga bisa menjadi asisten pribadi Anda dalam menyiapkan jawaban wawancara hingga mencari lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian. 

15 Pekerjaan Ini Tidak Akan Tergantikan Oleh AI, 'Periuk Nasi' Masih Aman di Masa Depan!

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan ChatGPT agar peluang lolos HRD semakin besar? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Buat CV Profesional dalam Hitungan Menit

“Pertanyaan Terakhir HRD: Kamu Ada Pertanyaan?” Tips Jawaban Jitu Biar Kamu Lolos Interview Kerja

ChatGPT dapat membantu Anda membuat CV yang rapi, padat, dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Anda hanya perlu memberikan informasi dasar seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian, lalu minta ChatGPT menyusunnya dalam format profesional. Anda juga bisa menyesuaikan gaya penulisan CV untuk posisi tertentu, seperti kreatif, korporat, atau teknis.

2. Menulis Surat Lamaran yang Personal dan Relevan

Halaman Selanjutnya
img_title