5 Cara UMKM Naik Kelas dan Perluas Pangsa Pasar, Salah Satunya Melalui Inkubasi Bisnis

Ilustrasi UMKM
Sumber :
  • Freepik

Lifestyle – Persaingan bisnis yang ketat menuntut pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pengusaha lokal dituntut untuk terus berinovasi agar dapat bertahan dan berkembang. Tidak cukup hanya mengandalkan produk berkualitas, penting juga memahami strategi pemasaran, manajemen keuangan, dan pemanfaatan teknologi digital agar mampu bersaing dengan brand besar. 

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa UMKM merupakan penggerak roda ekonomi Indonesia. Sehingga  keberhasilan UMKM naik kelas hingga menembus pasar global akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi domestik, termasuk kesejahteraan masyarakat tanah air. 

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan agar usaha Anda bisa melangkah ke level selanjutnya. Scroll ke bawah untuk informasi lengkapnya. 

1. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Produk yang berkualitas adalah pondasi utama kesuksesan sebuah usaha. Pastikan produk yang Anda tawarkan memenuhi standar yang baik, mulai dari bahan baku, proses produksi, hingga packaging. 

Selain itu, perhatikan pula layanan pelanggan. Respon cepat, ramah, dan solutif dapat menciptakan loyalitas konsumen yang menjadi kunci pertumbuhan bisnis.

2. Manfaatkan Teknologi Digital

Di era digital, pemasaran online sudah menjadi keharusan. UMKM perlu memanfaatkan media sosial, marketplace, dan website untuk memperluas jangkauan pasar. 

Selain itu, pelajari strategi digital marketing seperti SEO, iklan berbayar, dan content marketing untuk meningkatkan visibilitas usaha Anda. Dengan hadir secara online, produk Anda berpotensi menjangkau konsumen dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

3. Mengikuti Program Inkubasi Bisnis

Program Inkubasi yang dilakukan PNM Dorong UMKM Naik Kelas

Photo :
  • -

Upaya lain yang dapat dilakukan pelaku UMKM maupun pengusaha lokal untuk memperluas pangsa pasar adalah mengikuti program inkubasi bisnis. Umumnya, kegiatan ini dilakukan oleh korporasi.

Salah satunya program inkubasi yang dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Rumah BUMN Bandung. Kegiatani bertajuk terselenggara selama tiga bulan yang berfokus pada peningkatan kapasitas pengusaha ultra mikro di bidang kriya dan kuliner. 

Program ini melibatkan ratusan peserta lalu diseleksi menjadi 10 nasabah terbaik dari kategori kriya dan kuliner untuk mengikuti pelatihan intensif. Selama program, peserta mendapatkan bimbingan mulai dari pengelolaan bisnis, branding, hingga teknik pemasaran.

Tidak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pengembangan usahanya dalam final presentation. Program Mekaarpreneur menjadi bukti nyata langkah PNM dalam mendorong UMKM binaannya naik kelas dengan keterampilan digital dan strategi bisnis berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PNM, Lalu Dodot Patria Ary, menegaskan pentingnya program inkubasi bisnis sebagai bagian dari strategi penguatan pengusaha ultra mikro agar naik kelas. Bagi PNM, keberhasilan nasabah bukan hanya diukur dari omzet, tetapi dari bagaimana mereka mampu tumbuh, beradaptasi dengan pasar, dan menjadi lebih mandiri serta membagikan ilmunya kepada sesama. 

“Melalui Mekaarpreneur semakin banyak nasabah yang dapat naik kelas dan memberi dampak positif bagi lingkungannya,” ujar Dodot yang dikutip dari keterangan resmi pada Kamis, 21 Agustus 2025.

PNM juga meyakini pengusaha ultra mikro mampu bersaing dan berkembang di tengah tantangan pasar yang dinamis. Dengan adanya program inkubasi bisnis diharapkani dapat menjadi pintu bagi lebih banyak nasabah untuk naik kelas, memperluas pasar, dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi keluarga serta lingkungannya. 

4. Bangun Branding yang Kuat

Branding adalah identitas yang membedakan usaha Anda dengan kompetitor. Mulai dari logo, kemasan, hingga cerita di balik produk harus dikemas secara menarik.

Konsumen kini tidak hanya membeli produk, tetapi juga nilai dan cerita yang menyertainya. Pastikan brand Anda memiliki ciri khas yang mudah diingat dan relevan dengan target pasar.

5. Perluas Jaringan dan Kolaborasi

Kesuksesan bisnis tidak lepas dari jaringan yang luas. Aktif mengikuti pameran, bazar, hingga forum bisnis dapat membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk investor dan mitra distribusi. Dengan membangun relasi yang baik, Anda bisa mendapatkan akses ke pasar baru dan memperkuat posisi usaha di tengah persaingan.

Naik kelas bukanlah hal yang mustahil bagi UMKM, asalkan memiliki strategi yang tepat dan konsistensi dalam menjalankannya. Semua langkah ini saling berkaitan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda yang mendukung para pelaku UMKM di Indonesia memiliki peluang besar untuk bersaing di level nasional maupun internasional.