Tekor saat Diskon Besar-besaran? Waspada Cognitive Bias yang Menguras Dompet!

Ilustrasi Perang Diskon di e-Commerce
Sumber :
  • Freepik

Lifestyle – Siapa yang tidak tergoda dengan diskon besar-besaran? Mulai dari flash sale, midnight sale, hingga promo 11.11 atau 12.12, semua terasa menggiurkan.

Dompet Selalu Tipis? Bisa Jadi Anda Lakukan 7 Kebiasaan Boros Ini

Harga yang ditampilkan jauh lebih murah dari biasanya, ditambah label "hanya hari ini" membuat banyak orang tak kuasa menahan diri. Alih-alih hemat justru banyak yang akhirnya boncos alias keuangan jebol setelah belanja besar-besaran.

Fenomena ini tidak hanya soal kurangnya kontrol diri, melainkan juga berkaitan dengan cognitive bias, yaitu pola pikir keliru yang membuat seseorang mengambil keputusan tidak rasional. Simak ulasang lebih dalam tentang bias kognitif agar Anda bisa lebih waspada sebelum tergoda diskon.

Apa Itu Cognitive Bias dalam Belanja?

Apa Itu Mental Block? Benarkan Biang Kerok Tabungan Tak Pernah Bertambah, Begini Penjelasannya

Cognitive bias adalah kecenderungan otak manusia untuk mengambil keputusan cepat berdasarkan emosi atau persepsi, bukan logika. Dalam konteks belanja, bias ini membuat Anda merasa sedang melakukan keputusan cerdas padahal sebenarnya justru merugikan.

Perusahaan ritel dan e-commerce sering memanfaatkan bias ini untuk mendorong konsumen membeli lebih banyak barang, meskipun tidak benar-benar dibutuhkan.

Jenis-jenis Cognitive Bias

Halaman Selanjutnya
img_title
Liburan ke Jepang Makin Praktis, Belanja Bisa Bayar Pakai QRIS