2 Distributor Lokal Sukses Buktikan Jangkauan Pengiriman Barang Berkat Strategi Ini

Ilustrasi Bisnis Logistik Masa Depan
Sumber :
  • Freepik

Lifestyle – Indonesia tengah memasuki babak baru ekonomi digital dengan potensi mencapai US$360 miliar pada tahun 2030. Namun, pertumbuhan pesat ini masih menghadapi tantangan serius, terutama terkait disparitas akses. 

5 Makanan yang Makin Menggugah Selera Berkat Keajaiban Chili Oil

Selama ini, distribusi produk hanya terpusat di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang membuat biaya logistik lebih tinggi bagi konsumen di luar kota serta waktu pengiriman yang lebih lama. Kondisi ini menghambat inklusi e-commerce di berbagai wilayah sehingga belum tergarap secara maksimal.

Di tengah tantangan tersebut, dua pelaku distributor lokal berhasil membuka jalan dan bertumbuh pesat di ekositem digial. Mereka adalah DC Medika (distributor produk kesehatan konsumen) dan PT Barra Sehat Sentosa (distributor produk pribadi dan keperluan keluarga). 

7 Ide Bisnis Sustainable Modal Kecil, Peluang Usaha Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

Pemilik DC Medika, Dzaki Fikri, menuturkan bisnis mengalami lonjakan volume pesanan bulanan hingga 650% sejak Juli 2024. Peningkatan serupa juga dialami oleh PT Barra Sehat Sentosa yang mencatatkan rata-rata peningkatan penjualan bulanan.

 

9 Strategi Jenius Warren Buffett Kelola Uang agar Jadi Cepat Kaya, Nomor 6 Paling Penting

Kisah Distributor Lokal Sukses Perluas Jangkauan Logistik

Photo :
  • Freepik

 

Keberhasilan DC Medika dan PT Barra Sehat Sentosa berkat penerapan strategi Multi-Origin Go-To-Market (MOGTM) yang digagas oleh Sirclo. MOGTM merupakan strategi yang menghubungkan brand dengan distributor lokal guna memperluas jangkauan pasar secara lebih efisien sekaligus mendekatkan produk ke konsumen di berbagai wilayah.

“Ekonomi digital Indonesia akan tumbuh berkelanjutan bila solusi yang dihadirkan sesuai dengan realitas negara kepulauan. Melalui MOGTM, SIRCLO menggandeng distributor lokal di luar Jabodetabek untuk mempercepat distribusi, membuka peluang baru di ekosistem online, sekaligus menjadi motor pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Chief Operating Officer, SIRCLO, Danang Cahyono, dalam keterangannya dikutip pada Rabu, 17 September 2025. 

Berikut beberapa manfaat strategi MOGTM yang bantu para distributor di tanah air perluas akses hingga dorong efisiensi logistik. 

Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Murah

Pertumbuhan e-commerce di luar Jawa terus menunjukkan tren positif. Data internal SIRCLO mencatat, sepanjang 2024 jumlah transaksi dari luar Jawa meningkat hampir sembilan kali lipat dibandingkan 2020 dan jumlah konsumen tumbuh 8 kali lipat. 

Angka tersebut menegaskan bahwa masyarakat di berbagai daerah semakin aktif berbelanja online sehingga kebutuhan distribusi yang lebih dekat, cepat, dan efisien menjadi semakin mendesak. Melalui strategi MOGTM, SIRCLO membantu brand memperluas penjualan online ke wilayah tier 2 dan 3 dengan memanfaatkan jaringan distributor lokal melalui ekosistem teknologi yang terintegrasi. 

Produk tidak hanya terpusat di gudang Jabodetabek, tetapi juga dialokasikan ke gudang distributor lokal di berbagai daerah. Dengan pendekatan ini, pesanan dapat dipenuhi dari lokasi terdekat sehingga ongkos kirim menurun, waktu pengiriman lebih singkat, dan konsumen di tier 2 dan 3 bisa merasakan pengalaman belanja digital yang lebih setara. 

Bantu Memperluas Jangkauan Pengiriman Barang

Fikri menyampaikan, startegi MOGTM membantunya dalam menjembatani dengan brand. Sejak bergabung pada Juli 2024, bisnisnya mengalami peningkatan yang luar biasa di mana pertumbuhan penjualan tahunan sebanyak 8 kali lipat. 

DC Medika berhasil memperluas jangkauan pengiriman barang hingga ke Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB). PT Barra Sehat Sentosa juga berhasila melakukan ekspansi distribusinya lebih dari 30 kota di Jawa. 

Dukung Ekosistem E-Commerce Merata dan Inklusif

Strategi MOGTM bukan hanya sebagai solusi logistik, tetapi juga sebagai model kolaborasi yang memperkuat peran setiap pihak dalam ekosistem e-commerce. Cara ini dinilai Sirclo menjadi cara yang relevan dalam distribusi barang di negara kepulauan, 

Danang menjelaskan, melalui MOGTM bertujuan menghadirkan model distribusi yang lebih dekat dengan kebutuhan masyarakat sekaligus memberdayakan distributor lokal. Hal ini mendukung pertumbuhan yang tercipta dapat dirasakan secara nyata hingga ke tingkat daerah.

“Visi kami adalah menghadirkan ekosistem e-commerce yang benar-benar merata dan inklusif, di mana konsumen di seluruh Indonesia memiliki akses yang sama terhadap produk, harga, dan pengalaman belanja," tutup Danang.