China Geser Singapura dan Bangkok, Kini Jadi Magnet Baru Traveler Indonesia
- Pixabay
Lifestyle – Selama bertahun-tahun, Singapura dan Bangkok kerap jadi pilihan utama traveler asal Indonesia untuk liburan ke luar negeri. Namun, tren kini mulai bergeser.
China muncul sebagai destinasi baru yang semakin digandrungi, bukan hanya karena pesona budayanya, tapi juga karena faktor harga dan infrastruktur pariwisata yang makin matang.
Menurut Rudy Lie, President Director PT BET Obaja International, perkembangan pesat yang terjadi di China membuat negara tersebut semakin menarik di mata wisatawan.
“China sekarang negaranya berkembang sangat agresif ya. Tempat-tempat wisatanya memang yang dulu-dulu, tapi diperbarui infrastrukturnya sehingga jauh lebih baik. Pendukung untuk penerimaan tamu internasional juga mereka lakukan lebih baik. Budaya komunikasi lebih ramah, makanan pun lebih bisa diterima,” ujar Rudy saat pembukaan outlet OBAJAtour di Agora Mall, Jakarta, baru-baru ini.
Rudy Lie, President Director PT BET Obaja International.
- OBAJAtour
Tak hanya soal infrastruktur dan keramahan budaya, faktor harga juga jadi alasan kuat mengapa traveler Indonesia memilih Negeri Tirai Bambu. Menurut Rudy, biaya perjalanan ke beberapa kota di China relatif lebih murah dibanding destinasi lain di Asia maupun Eropa.
“Di China itu yang di bawah harga Rp15 juta masih ada. Dan itu sudah termasuk full makan. Banyak kota yang bisa dipilih, misalnya di Chongqing, dan beberapa kota lainnya,” jelasnya.
Namun menurut Rudy, wisatawan Indonesia juga semakin cerdas dalam menyesuaikan anggaran liburan dengan kondisi ekonomi. Traveler Tanah Air cenderung masih beragam soal tujuan plesiran ke luar negeri, yaitu menyesuaikan kantong masing-masing.
“Kalau ke luar negeri, orang Indonesia masih mix ya, ada yang ke Eropa, ada juga ke Asia. Cuma ya pasti mereka akan menyesuaikan anggaran. Yang penting efisien tapi tetap bisa menikmati perjalanan. Itu yang sekarang kita (OBAJAtour) siapkan: paket dengan biaya yang dapat diterima, tapi tetap berkesan,” tambah Rudy.
Dengan kombinasi antara harga yang terjangkau, destinasi wisata yang terus diperbarui, serta pengalaman budaya yang lebih ramah, China kini menjadi salah satu magnet utama wisatawan Indonesia. Perlahan, posisinya mampu menyaingi destinasi populer seperti Singapura dan Bangkok.
”Misi kami sederhana yakni membuat perencanaan dan perjalanan liburan terasa mudah, aman, dan terpercaya. Dengan jaringan outlet fisik kami yang terbaru di Agora Mall dan keaktifan kami di platform digital seperti Instagram dan TikTok, kami berkomitmen menjadi mitra terpercaya bagi masyarakat urban dalam mewujudkan liburan impian mereka,” tutup Rudy Lie.