10 Tips Jadi Pembeli Cerdas Suapaya Gak Dicap Kaum Rojali-Rohana

Ilustrasi belanja di mall
Sumber :
  • Istimewa

Lifestyle – Fenomena rojali (rombongan jarang beli) dan rohana (rombongan hanya nanya) kian merebak di pusat perbelanjaan. Meskipun sah-sah saja menikmati suasana mal sebagai destinasi hiburan, terdapat trik menjadi pembeli cerdas sekaligus menikmati pengalaman di mal tanpa perlu dicap sebagai pengunjung yang hanya meramaikan.

Rojali dan rohana merupakan istilah yang menggambarkan kelompok pengunjung yang datang ke mal hanya untuk rekreas atau sekadar melihat-lihat tanpa intensi kuat untuk berbelanja. Namun, perilaku ini kerap menimbulkan persepsi negatif dari para peritel dan pelaku bisnis.

Pentingnya Jadi Pembeli Cerdas

Pusat perbelanjaan atau mal merupakan tempat retailer berinvestasi besar untuk menarik minat konsumen. Ketika pengunjung hanya berfokus pada rekreasi tanpa ada niat bertransaksi, hal ini dapat memengaruhi operasional toko, mulai dari efisiensi staf hingga analisis data penjualan. 

Menjadi pembeli yang cerdas adalah kunci untuk menavigasi era konsumerisme modern, di mana garis antara rekreasi dan transaksi seringkali kabur. Pembeli cerdas berarti Anda memahami dinamika ini dan berupaya menciptakan interaksi yang saling menguntungkan. Ini juga tentang mengelola diri sendiri agar tidak terjebak dalam godaan belanja impulsif atau, sebaliknya, membuang waktu penjual secara tidak efektif.

10 Tips Jadi Pembeli Cerdas

Berikut 10 tips praktis yang akan membantu Anda menjaga reputasi baik di mata retailer dengan tetap menerapkan kebiasaan belanja bertanggung jawab sehingga kantong tidak jebol.